oleh

Jembatan Lintas Ibu Kota Bombana yang Putus Segera Dibenahi

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BOMBANA – Diduga akibat tak mampu menahan debit hujan yang turun beberapa pekan terakhir, jembatan di sejumlah titik di Kabupaten Bombana rusak parah. Seperti jembatan di wilayah ibu kota, tepatnya di Desa Lantawonua, Kecamatan Rumbia ambruk dan membuat aktifitas warga sekitar terganggu.

Menyikapi hal ini, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bombana, Samwel mengaku, pihaknya telah meninjau beberapa unit jembatan yang rusak parah untuk segera dilakukan penanganan.

“Diantaranya di wilayah Pulau Kabaena, dan baru-baru ini untuk jembatan Rumbia tersebut kondisi kerusakannya sangat parah. Satu-satunya cara, kami akan buat jalan sementara seperti batang Kelapa sehingga bisa memperlancar kembali aktivitas warga disekitar,” ungkap Samuel saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis 2 Mei 2019.

Baca Juga:  Soal Pengaspalan Jalan Lumba-lumba, Bina Marga Muna Diduga Tabrak Aturan

Kata Samwel, karena satu unit jembatan diwilayah ibu kota itu tidak bisa lagi dilakukan perawatan, pasalnya kondisi kerusakannya yang begitu parah dan semua materialnya terbawa oleh arus.

Ia mengungkapkan, pihaknya bakal kordinasikan kepada pimpinan untuk segera dibuatkan perencanaan pembuatan jembatan baru. Sebab kondisi jembatan itu tidak bisa lagi dilakukan perawatan karena kondisi kerusakannya parah dan semua materialnya terbawa oleh arus.

Baca Juga:  Jembatan Penghubung Kota Raha-Desa Lagasa Putus

Untuk itu, pihaknya berharap agar warga sekitar tidak memaksakan untuk berlintas di jembatan tersebut karena kndisinya yang sangat membahayakan.

“Sebelum ada jembatan, sementara kiranya warga jangan dulu nekat melintasinya. Demi keselematan, maka warga bisa berputar arah jalan menuju poros,” tutup Samuel.(b)

Penulis: Zulkarnain
Ediror: Sal

NEWS FEED