oleh

Kepala ATR/BPN Mubar Serahkan Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Desa Maperaha

PENASULTRA.COM, MUNA BARAT – Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Muna Barat, Muhammad Zakariyah menyerahkan sertifikat tanah kepada  masyarakat Desa Maperaha, Kecamatan Sawerigadi. Penyerahan tersebut dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Maperaha pada Kamis, 5 Oktober 2020.

Dalam sambutannya, Zakariyah menjelaskan Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan program prioritas nasional berupa percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan dalam suatu wilayah desa. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

“Pengukuran dimulai pada awal Mei 2020, sebaanyak 113 bidang. Namun yang keluar sebanyak 36 bidang. Hal ini di sebabkan karena anggaran banyak diserap oleh penanganan covid-19. Namun demikian akan diterbitkan kembali pada tahun 2021 mandatang,” jelas Zakariyah dalam sambutannya.

Lanjutnya, metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian  ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat seperti sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

“Masyarakat yang telah mendapatkan sertipikat dapat menjadikan  sertipikat tesebut sebagai modal  usaha. Jadi masyarakat harus benar-benar manjaga dan memperhatikan patok-patok tanah, serta batas-batas tanah, sebab kedepan Muna Barat akan semakin padat,” imbuhnya.

Sementara itu, kepala Desa Maperaha, La Bangkusa menyampaikan bahwa masyarakat yang belum keluar setifikatnya mohon bersabar, dan kedepannya semua tanah yang telah di ukur akan keluar secara bersamaan.

“Dengan adanya setifikat ini saya harap kepada seluruh masyarakat menjadikan lahannya lebih produktif lagi”, tukasnya.

Penulis: Iwan

Editor: Sain

NEWS FEED