oleh

Meriahkan Cultur Carnaval, IE2I Buteng Kampanyekan Hidup Bersih

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, BUTON TENGAH – Indonesian Energy Environmental Institute (IE2I) Distric Central Buton Cabang Buton Tengah (Buteng) yang dipimpin La Ode Muslimin ikut serta memeriahkan Culture Carnaval Buteng bertajuk ‘Kalenteano Liwu’ dalam rangka hari jadi Buteng ke 5.

Lembaga yang bergerak dibidang lingkungan, energi dan berpusat di Jakarta itu mengangkat tema lautan bersih, udara bersih, lingkungan bersih, bersama kita bisa.

“Melalui event ini kami ingin memperkenalkan IE2I pada masyarakat bahwa di Buteng telah hadir organisasi yang bergerak dibidang lingkungan dan mengampanyekan hidup bersih dari sampah,” kata penanggungjawab kontingen IE2I di Cultur Carnaval Jafarudin, Minggu 21 Juli 2019.

Baca Juga:  HUT Buteng ke 5, Samahuddin Beber Keberhasilan Pembangunan

Jafarudin mengatakan, maraknya berbagai macam masalah lingkungan seperti pembuangan sampah sembarangan di darat, pencemaran sampah di lautan, timbulnya berbagai macam polusi udara disebabkan kurangnya pemahaman masyarakat dengan lingkungan.

“Sudah saatnya kita mulai memikirkan dan mengurangi segala macam sampah termasuk tidak membuang sampah di lautan. Karena jika kita membuang sampah di lautan sudah menggangu kehidupan ekosistem dan keragaman hayati yang ada di laut,” ujar Jafarudin.

IE2I sendiri, tambahnya, saat ini telah melakukan beberapa kegiatan di Buteng seperti bersih-bersih sampah di pantai Mutiara dan danau Fotu. Selain itu lembaga yang dinahkodai Dyah Roro Esty Widya Putri ini juga fokus di bidang pariwisata.

Baca Juga:  Di HUT ke 5, Pemda Buteng Gelar Cultur Karnaval

“Kita juga selama ini memberikan capacity building (pemahaman) kepada generasi millenial khusunya siswa siswi SMP dan SMA di Buteng tentang bagaimana dampak negatif sampah dan bagaimana mengelola sampah dengan baik,” terang Jafarudin.

Sekedar diketahui, HUT Buteng ke 5 tahun 2019 dilaksanakan di Kecamatan Gu.(b)

Penulis: Amrin Lamena
Editor: Bas

NEWS FEED