oleh

Pejabat Dispora Konut Terima Aliran “Dana Siluman” dari PT Antam Saat Porprov XIII?

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KONAWE UTARA – Sepekan terakhir isu miring mengenai Kabupaten Konawe Utara (Konut) di media sosial Facebook (FB) khususnya di grup Forum Diskusi Konawe Utara, menjadi perbincangan hangat bagi para warganet.

Rumor tersebut mengenai adanya dugaan aliran dana dari PT Antam ke Pemerintah Daerah (Pemda) Konut lewat rekening pribadi salah seorang pejabat di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Konut.

Dana ratusan juta itu diduga berkaitan dengan sumbangsi PT Antam pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sultra XIII di Kabupaten Kolaka 2018 lalu.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Umum (Sekum) Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa (HiPPMa) Konut, Oscar Sumardin meminta Pemda Konut untuk segera memberikan klarifikasi ataupun pertanggungjawaban mengenai isu yang kini terus merebak.

“Jika hal ini benar badan pengawas daerah ataupun Bupati Konut harus turun tangan menindaklanjuti adanya aliran dana tersebut,” kata Oscar melalui rilis persnya, Sabtu 18 Mei 2019.

Jika hal ini benar, kata dia, jelas itu merupakan pelanggaran dan bagian dari bentuk korupsi.

“Ini sebagai bentuk korupsi dengan memanfaatkan posisi jabatan untuk kepentingan pribadi. Jangan ada pembiaran, harus ada tindakan yang bisa memunculkan efek jera,” tegasnya.

Pemerhati Laskar Anti Korupsi Sultra, Abdy Satya turut pula menambahkan. Kata dia, jika benar ada anggaran yang mengalir ke rekening pribadi pegawai saat Porprov lalu, maka dipastikan hal itu merupakan bentuk pelanggaran yang masuk kategori gratifikasi.

“Apalagi jumlahnya tidak sedikit mencapai ratusan juta. Badan Pengawas Daerah dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) harus segera melakukan audit, bisa saja dikenakan gratifikasi,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada Porprov XIII di Kolaka, Konawe Utara berada diposisi ke enam dengan raihan medali sebanyak 103 dari 20 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan. Pemda Konut menyiapkan Rp50 juta untuk atlet peraih medali emas dan bonus untuk peraih medali perak dan perunggu.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED