oleh

Pemkab Konut Bangun Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’An

-Pena Daerah-376 views

PENASULTRA.COM, KONUT – Memasuki hari kedua Puasa Ramadhan 1442 H /2021  menjadi awal pembangunan Pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Abu Darda di Desa Lamondowo, tepatnya dibelakang BTN Graha Asera Permai Kecamatan Andowia. Dimulainya tahapan pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama dan penandatanganan prasasti, pada Rabu,  14 April 2021.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) bersama Kepolisian Resort (Polres) Konut dan Yayasan Pendidikan Wahdah Islamiyah (YPWI). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah  menerjemahkan misi Pemerintah Konawe Utara pada pembangunan periode berikutnya pada poin ke-enam yaitu  “pengembangan nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan”. Dimana, beberapa pekan yang lalu, pada ajang kompetisi antar daerah dalam pelaksanaan STQH se Provinsi Sultra, Konawe Utara menempati juara ke-tiga, dan ini akan terus dikembangkan melalui pembangunan pondok pesantren.

PJ Sekda Konut Kasim Pagala dalam hal mewakili Pemkab Konut mengatakan pembangunan hal semacam ini harus dan wajib diakukan demi kemaslahatan umat khususnya masyarakat Kabupaten Konut.

“Serta menjadikan saudara-saudari kita, anak-anak kita para penerus bangsa lebih religius dan memiliki nilai-nilai moral keagamaan yang tinggi. Imam-imam mesjid kita sudah memiliki usia yang lebih lanjut sudah seharusnya anak-anak kita mulai dididik dan dilatih untuk meneruskan menjadi imam di mesjid dan memiliki ilmu agama yang baik, ” tutur Kasim.

Diujung sambutannya, Sekda menyampaikan bantuan Bupati Konut secara pribadi untuk pembangunan pondok pesantren sebesar Rp. 10.000.000, serta  secara pribadi memberikan bantuan pembangunan pondok pesantren sebanyak 50 sak semen. Dimana pembangunan pondok pesantren ini harus berkelanjutan hingga tuntas mulai dari legalitas kepemilikan lahan hingga seluruh keperluan pondok agar terus dikoordinasikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara.

Diinformasikan setelah kegiatan peletakan batu pertama selesai, Bapak Sekretaris Daerah kembali di Kantor untuk melakukan persiapan Sholat Dzuhur secara berjama’ah oleh seluruh staf Kantor Sekretariat Daerah dengan menggunakan aula rapat lantai 1 dimana sebelumnya Bapak Sekda telah menyediakan Sajadah untuk seluruh staf. Aktifitas Sholat Dzuhur secara berjama’ah ini akan terus dilakukan selama bulan suci Ramadhan dan kemudian dilanjutkan kegiatan Kultum (kuliah tujuh menit) secara bergilir oleh Staf Ahli, Asisten, Para Kabag, Kasubag hingga staf.

Penulis: Tim Redaksi

 

NEWS FEED