oleh

Peringatan HPS Diprediksi Bakal Mendongkrak Pendapatan Pelaku Bisnis di Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) di Sulawesi Tenggara yang akan dipusatkan di Kendari dan Konawe Selatan diprediksi bakal mendongkrak pendapatan para pelaku bisnis kecil dan menegah di Kendari.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra I Gede Panca memprediksi jumlah pengunjung pada event akbar ini sekitar 25 ribu pengunjung.

Jika ditaksir perorang mengeluarkan belanja sekitar Rp300 ribu. Maka total pengeluaran per hari sekitar Rp75 miliar. Dan itu hanya dari pengunjung. Belum yang lain.

“Dan ini tersebar di masyarakat khususnya para pelaku bisnis,” ucap I Gede Panca, Kamis, 31 Oktober 2019.

Baca Juga:  Jelang HPS 2019, Dispar Kendari Siapkan Tiga Objek Wisata Unggulan

Menurutnya, peringatan HPS di Sultra ini merupakan keberuntungan bagi masyarakat. Karena akan meningkatkan nilai perekonomian masyarakat sekitar.

I Gede Panca. FOTO: La Ode Husaini

Dinas Pariwisata Sultra lanjut Gede Panca, telah menyiapkan sejumlah destinasi wisata bagi para tamu dari luar daerah maupun dari mancanegara yang akan hadir dalam HPS ini.

Sejumlah destinasi wisata seperti Pulau Bokori, Pantai Toronipa, Pantai Nambo dan Labengki kemungkinan besar akan menjadi sasaran wisata para tamu dalam HPS itu.

“Karena Lokasinya cukup dekat dan bisa dijangkau dengan waktu yang singkat” kata I Gede Panca.

Baca Juga:  Lahan Pertanian Produktif Indonesia Berkurang 600 Ribu Hektar

Selain itu ia juga menjadikan moment peringatan HPS ini untuk memperkenalkan dan mempromosikan beberapa lokasi wisata yang ada pada setiap kabupaten di Sultra. Selain lokasi wisata, pihaknya juga menyiapkan sejumlah kuliner lokal Sultra yang akan diperkenalkan dan disajikan kepada para pengunjung.

“HPS ini memang kegiatan yang terkait dengan kementerian pertanian, tapi karena dilaksanakan di Sultra maka itu menjadi tanggung jawab kita semua”, pungkasnya.(b)

Penulis: La Ode Husaini
Editor: Kasmilahi

NEWS FEED