oleh

RPJMD 2018-2023, Ali Mazi: Pariwisata Jadi Sektor Unggulan

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi mengatakan, pada Rencana Penyusunan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023 pihaknya akan menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan.

Menurut Ali Mazi, potensi pariwisata Sultra selama ini belum tergarap optimal.

“Kami ingin potensi pariwisata jadi sektor unggulan yang nantinya kita laksanakan secara terpadu melibatkan seluruh kabupaten kota di Sultra,” kata Ali Mazi saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Wakatobi Wonderful Festival dan Expo (Wakatobi Wave) 2018 di Lapangan Merdeka, Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi, Minggu 11 November 2018.

Baca Juga:  Dijadwalkan ke Kendari Awal Maret, Berikut Agenda Utama Jokowi

Untuk itu, Ali Mazi meminta agar setiap kabupaten kota menetapkan masing-masing destinasi wisata di daerahnya. Nantinya akan dikembangkan dan dijadikan destinasi wisata unggulan serta bekerjasama dengan Pemprov Sultra dalam bentuk sharing pendanaan.

“Sultra punya potensi wisata alam dan budaya yang cukup besar. Olehnya kita butuh kerja keras dan kerja cerdas,” ujarnya.

Provinsi dan kabupaten kota di Sultra, tambah Ali Mazi harus terus berupaya meningkatkan sektor pariwisata dengan melakukan promosi objek wisata yang ada. Selain itu, melakukan perbaikan sarana dan prasarana serta memperbanyak event-event wisata.

Baca Juga:  Ini 12 Nama Lengkap Plt Kepala OPD Baru yang Dilantik Gubernur Sultra

“Perlu dilakukan pembenahan pada industri-industri lokal melalui pengembangan variasi kuliner cendramata khas daerah dan penganekaragaman objek wisata. Salah satunya dengan Wakatobi Wave ini,” beber Ali Mazi.

Ia berharap, Pemda Wakatobi khususnya dinas pariwisata dan masyarakat menjaga keamanan selama penyelenggaraan Wakatobi Wave 2018.

“Sehingga menimbulkan kesan positif bagi pengunjung dan mereka merasa ingin kembali ke sini lagi karena kesan pertama yang baik ini,” tutupnya.(b)

Penulis: Yeni Marinda
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED