oleh

Ruas Jalan Langara-Bobolio Tertutup Longsor Gunung Gamal

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KONAWE KEPULAUAN – Akses jalan rute Langara menuju Bobolio, Kecamatan Wawonii Selatan, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sultra nyaris tertutup.

Hal itu terjadi menyusul longsornya sisi kanan dan kiri bukaan Gunung Gamal untuk akses jalan.

Awan, salah seorang pengguna jalan mengatakan, longsor yang terjadi diduga akibat curah hujan tinggi selama sepekan terakhir.

“Sebelum hujan akhir-akhir ini jalan menuju Wawonii Selatan itu masih bagus. Belum lama selesai dikerjakan dengan pengerasannya. Tapi sekarang, karena longsor akhirnya sulit lagi dilalui meski menggunakan kendaraaan roda dua. Kalau pake mobil sudah tidak bisa mi,” katanya saat ditemui dilokasi gunung longsor, Senin, 14 Mei 2018.

Baca Juga:  Andi Muh Lutfi Minta Masyarakat Konkep Selalu Cinta Indonesia

Atas peristiwa itu, ia berharap kepada Pemkab Konkep melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dapat segera mengatasi tanah yang menutup ruas jalan dari Langara menuju Bobolio atau sebaliknya.

“Kami sebagai masyarakat berharap masalah ini secepatnya diatasi biar akses rute Langara menuju Wawonii Selatan bisa kembali normal,” harapnya.

Baca Juga:  Rombak 58 Pejabat Konkep, Amrullah: Jangan Kaitkan dengan Isu Politik

Sayangnya, pihak BPBD Konkep lepas tangan akan masalah longsor tersebut. Sebab menurut Kepala BPBD Konkep, Awaluddin, lokasi tempat terjadinya longsor itu merupakan kewenangan provinsi. Bukan jalan kabupaten.

“Kami BPBD Konkep bisa ambil langkah kecuali ada SK keadaan darurat yang dikeluarkan langsung Bupati Konkep, H. Amrullah. Itupun ada mekanismenya yang memang itu darurat sekali,” singkat Awaluddin saat dihubungi sejumlah awak media, Selasa, 15 Mei 2018.(b)

Penulis: Nanang Sofyan
Editor: Ridho Achmed

Komentar

NEWS FEED