oleh

Sambut Kehadiran Investor Jagung, Ini Syarat yang Diajukan Bupati Konsel

PENASULTRA.COM, KONAWE SELATAN – Dorong peningkatan ekonomi masyarakat, Bupati Konawe Selatan (Konsel), H Surunuddin Dangga sambut baik rencana PT Marwan Bersaudara Sukses (MBS) untuk investasi di sektor perkebunan jagung.

“Kami sambut dengan tangan terbuka setiap investor yang masuk, terutama di bidang pertanian dan perkebunan,” ucap Surunuddin saat menerima rombongan PT MBS di rumah jabatannya, Senin 11 November 2019.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Konsel ini menekankan, setiap investor harus mengikuti aturan yang berlaku di daerah. Salah satunya siap menanda tangani MoU dengan Pemda.

Baca Juga:  Surunuddin Minta Pemprov Sultra Evaluasi IUP di Konsel

Selain itu, bupati juga menekankan agar perusahaan siap membangun gudang dan memastikan kejelasan pasar bagi produk-produk hasil pertanian.

“Ini untuk mengatur agar investor dapat memberikan jaminan pasca panen dengan keuntungan yang maksimal bagi masyarakat, serta memiliki konsep yang jelas dan terinci maksud dan tujuannya dalam melakukan investasi di Konsel,” ucap Surunuddin.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama PT MBS, Anton menjelaskan, mekanisme kerja sama yang akan dibangun bersama para petani Konsel yakni dengan memberikan permodalan budidaya dan pasca panen, serta mengajarkan pola bertani modern dan berbasis teknologi.

Baca Juga:  Jelang HPS ke-39, Bupati Konsel Minta OPD Bantu Masyarakat Berbenah

Selain itu, petani juga akan mendapatkan bibit dan pupuk unggul yang berkualitas, sehingga dapat meningkatkan produksi jagung berkali lipat menjadi 10-12 ton/Ha. Kemudian hasilnya akan dibeli oleh pihak perusahaan.

“Pada dasarnya kami siap melakukan MoU untuk menjamin pasar paca panen para petani, selama mereka mengikuti aturan perusahaan, dengan harga beli jagung saat ini Rp2000 per kg untuk pipil basah yang akan kami tuangkan dalam perjanjian kerjasama dengan petani langsung,” ujar Anton.

Penulis: Sopyan Hadi
Editor: Faisal

NEWS FEED