oleh

Sultra akan Fokus Pada Pengolahan Sagu dan Kakao di HPS

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sultra, Ari Sismanto mengatakan, dipuncak Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 yang jatuh Pada 2 sampai dengan 5 November 2019 mendatang, pihaknya berencana akan memfokuskan pada pengolahan sagu dan kakao.

Menurut dia, untuk wilayah Sulawesi, Konsel merupakan salah satu daerah di Sultra menjuarai predikat penghasil cokelat terbanyak di Indonesia. Dan menjadi penghasil ke 3 didunia.

Baca Juga:  Peringatan HPS Diprediksi Bakal Mendongkrak Pendapatan Pelaku Bisnis di Kendari

“Saya berharap, cokelat yang tadinya hanya menjadi komoditi pasar rumah tangga, akan menembus pasar dunia dan mensejahterakan petani kakao jika HPS sukses digelar,” kata Ari belum lama ini.

“Saya yakin betul dengan adanya HPS di Bumi Anoa, maka cokelat akan menguasai pasaran ditahun 2045,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Sultra Made Guyasa menjelaskan jika tanaman sagu dipilih karena banyak tumbuh di daratan Konawe dan Konawe Selatan yang menjadi panganan pokok masyarakat. Kandungan sagu banyak mengandung anti oksidan untuk mengobati beberapa penyakit. Termasuk dapat diolah menjadi bahan etanol untuk bahan bakar.

Baca Juga:  FAO Minta Masyarakat Perbaiki Pola Makan

“Sagu itu mampu mengobati penyakit jantung, osteoporosis, diabetes dan lain sebgainya. Hanya saja, selama ini masyarakat tidak menyadarinya,” tandasnya. (b)

Penulis: Bas

NEWS FEED