oleh

Tari Balumpa Warnai Pembukaan MTQ Sultra

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA, BUTON UTARA – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Sulawesi Tenggara (Sultra) XXVII di Buton Utara (Butur) berlangsung meriah, Selasa (20/03) malam.

Ribuan masyarakat Butur dan sekitarnya tumpah ruah memadati venue utama pembukaan di pelataran gedung Islamic Center taman terbuka hijau Mina-minanga. Tak terkecuali para tamu undang dan pejabat Derah 17 Kabupaten dan kota.

MTQ Sultra ini dibuka oleh PJ Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi.

Pembukaan MTQ Ke 27 ini menyajikan tarian kolosal. Sebanyak 500 penari yang terdiri dari 400 penari wanita dan 100 penari pria dengan lihainya menari didepan para pejabat Kabupaten/kota, kafilah dan masyarakat.

Baca Juga:  Pj Gubernur Sultra Puji Pelaksanaan MTQ ke-XXVII di Butur

Tarian Balumpa yang di kolaboraskan dengan musik tradisional dan moderen dibawah asuhan Akbar Tanjung S.Pd mengangkat tema tarian kumandan diwaktu hening.

Terlihat seluruh penari membentuk konfigurasi yang bertuliskan MTQ XXVII. Bahkan setiap perpindahan gerakan tari disesuaikan dengan visi misi Bupati yakni aman, berbudaya dan religius.

Akbar Tanjung S.Pd selaku ketua koreografer, mengaku bangga dan puas akan hasil kerja kerasnya selama sebulan, karena 500 penari sukes membawakan tarian itu.

Menurut Akbar, setiap gerakan tari yang dimainkan itu menyesuaikan dengan visi misi Bupati Butur yakni Aman Berbudaya dan Religius

Baca Juga:  Abu Hasan Pastikan Diri Kembali Maju Calon Bupati Butur

“Tari ini saya buat berdasarkan visi misi Bupati Butur saat ini, dan lebih mencondongkan kepada hal yang religius, yang selalu mengingatkan kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ungkapnya ketua penata tari lulusan pendidikan seni musik, tari dan drama ini.

Selain tarian kolosal, pada pembukaan itu juga ikut diisi dengan Qori nasional dan internasional yang beberapa kali meraih juara MTQ di luar negeri. Ialah Darwin Hasibuan, yang melantunkan ayat Al Quran dengan begitu indah.

Penulis : La Ode Al Raif

Komentar

NEWS FEED