oleh

Tepis Isu Tak Sedap, Begini Penjelasan Kades Holbota

-Pena Daerah-769 views

PENASULTRA.COM, TALIABU Tepis isu yang beredar terkait penyalahgunaan Dana Desa (DD), Kepala Desa (Kades) Holbota, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Rudi Soamole, menjawab tudingan tersebut.

Sebelumnya, diberitakan salah satu media online bahwa, Kades Holbota diduga menyalahgunakan Dana Desa (DD), untuk keperluan pribadi, termasuk membeli mobil yang selama ini digunakannya. Namun, menurutnya hal tersebut tidak lah benar.

“Kalau terkait DD untuk pembelian mobil pribadi yang diberitakan itu tidak benar,” ungkap Rudi saat dikonfirmasi wartawan via telepon seluler, Minggu (11/4/2021) sore tadi.

Rudi menjelaskan, perlunya membedakan antara fasilitas milik BUMDes dan pribadi.

“Kalau untuk mobil BUMDes itu kami beli pada tahun 2018 menggunakan DD, akan tetapi kalau mobil pribadi yang saya gunakan itu gunakan uang pribadi saya pada tahun 2019,” jelasnya.

Tak hanya itu, Rudi juga meluruskan anggapan sepihak soal pencairan anggaran untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan di masyarakat Desa Holbota, Kecamatan Taliabu Barat, Pulau Taliabu.

“Pekerjaan fisik dan pemberdayaan tentunya kami akan lakukan, sebab anggarannya saja baru kami terima. Dan untuk 2021 ini kami pastikan tetap kami kerjakan berdasarkan patokan APBDes, dan masyarakat siap melihat yang kami kerjakan nanti,” cetusnya.

Sementara untuk minggu ini, penyaluran BLT-DD tahap pertama akan segera disalurkan.

“Kalau disinggung pencairan tahap pertama DD, sedangkan kami baru menerima pencairan belum lama ini, dan kami pastikan minggu ini akan disalurkan,” ucapnya.

Sebagai bahan bukti yang dikerjakan, Kades Holbota meminta agar masyarakat dapat melihat langsung aktualisasi pembangunan fisik serta pencanangan vaksin pada 2020 kemarin.

“Kita bandingkan saja, anggaran tahun lalu itu kami sudah selesaikan baik kegiatan pembangunan fisik berupa jalansetapak sekitar 320m. Dan pemberdayaan serta penanganan COVID-19. Termasuk juga kami buat pemberdayaan kepada kelompok tani dan nelayan,” tegas Rudi.

Penulis: Yasin

Komentar

NEWS FEED