oleh

Tingkatkan Kualitas Guru, PT Antam Gelar Workshop

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KOLAKA – PT Antam UBPN Sulawesi Tenggara (Sultra) terus bertekad menyukseskan pendidikan di Bumi Anoa. Memanfaatkan momentum Hari Pendidikan Nasional, perusahaan tambang plat merah ini menggelar workshop yang melibatkan puluhan guru di Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sultra.

CSR Manager PT Antam Sultra, Muhammad Rusdan mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari (1-3 Mei 2018) ini
merupakan pelatihan dan pendampingan untuk menambah keterampilan para guru. Khususnya, pembuatan penelitian tindakan kelas (PTK).

“Dengan melaksanakan tahapan-tahapan dalam PTK, maka guru diharapkan mampu memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu kajian yang dalam terhadap apa yang terjadi di kelasnya,” ujar Rusdan, Jumat 4 Mei 2018.

Baca Juga:  Panwaslu Kolaka Tertibkan APK Paslon Bandel

Selain itu, kata Rusdan, kegiatan yang dipusatkan di Pondok Huko-Huko Kompleks Antam Pomalaa ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah.

Suasana workshop. FOTO: Istimewa

Sementara itu, External Relation Manager PT Antam, Pamiluddin Abdullah menambahkan, kegiatan ini juga melibatkan kepala sekolah (Kasek) tingkat SD dan SMP di kecamatan Pomalaa. Dengan menghadirkan dua narasumber utama, Dr Pardan dan Arif Rahman Hakim para Kasek dilatih untuk memiliki kemampuan manajemen SDM yang baik.

“Dengan memiliki manajemen SDM yang baik, maka akan menjadi modal pimpinan sekolah (Kasek) untuk meningkatkan kinerja para guru di sekolahnya, sehingga mereka bisa mengajar dengan maksimal,” katanya.

Baca Juga:  Reses di Koltim dan Kolaka, Jumardin Temukan Sejumlah Keluhan Masyarakat

Selain itu, lanjut Pamiluddin, para narasumber juga memberi pelatihan supervisi kepada Kasek. Kata dia, pelatihan supervisi juga merupakan suatu program training yang diberikan kepada pimpinan sekolah yang memiliki tugas melakukan supervisi kepada guru.

Tujuan pelatihan supervisi pendidikan, tambah dia untuk meningkatkan keterampilan guru dan kepala sekolah dalam suatu bidang supervisi serta mengetahui prinsip-prinsip supervisi dan fungsi dari supervisor.(b)

Penulis: Kaulia Akansoro
Editor: Ridho Achmed

Komentar

NEWS FEED