oleh

Tingkatkan Minat Berwirausaha, UMK Dorong PPUPIK

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Universitas Muhadiah Kendari (UMK) mendapat kepercayaan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk mengelola Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK).

Kepala lembaga kewirausahaan UMK Hj Hartati mengatakan PPUPIK merupakan program Kemeristekdikti yang bertujuan untuk mengembangkan kewirausahaan ditinggat perguruan tinggi.

“Alhamndulilah tahun ini, UMK menjadi satu-satunya universitas yang ada di Sultra yang dipercayakan mengelola progam tersebut,” kata Hartati, 30 Agustus 2018.

Baca Juga:  Jadi Tuan Rumah HPS, Pemprov Siapkan Anggaran Rp7,5 Miliar

Menurutnya, PPUPIK merupakan pusat wisata intelegensi agribisnis darat, laut dan udara (WIA DLU) yang akan memiliki daya saing di Sultra. Pasalnya program ini akan diisi dengan kegiatan wirausaha yang memiliki efek ganda yaitu menambah lapangan kerja, mengurangi pengangguran, menambah penghasilan negara dari pajak, membangun ekonomi, dan menguatkan kompentensi generasi yang produktif.

Baca Juga:  Peringati HUT, IHGMA Sultra Gelar Donor Darah

“Data dari Kementrian Koperasi, angka wirausaha di Indonesia mencapai 3,1 persen. Ini melampaui angka 2 persen, sebagai standar minimal wirausaha suatu negara,” ucapnya.

Hartati berharap agar Indonesia tidak puas dengan posisi tersebut. Karena dinegara maju, jumlah wirausaha mencapai sampai 14 persen.(b)

Penulis: Laode Arfa
Editor: Kas

Komentar

NEWS FEED