oleh

Tokoh Adat Wansel Minta Bupati Aspal Ruas Jalan Bobolio

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KONKEP – Bupati Konawe Kepulauan (Konkep), H Amrullah diminta untuk segera mengaspal ruas jalan Bobolio Kecamatan Wawonii Selatan (Wansel), Konkep.

Tokoh adat Wansel, Nur Said mengatakan Wansel sudah tersentuh aspal namun hanya Desa Wungkolo saja. Oleh karena itu pihaknya meminta kepada Bupati Konkep untuk meneruskan pengaspalan itu sampai ke Bobolio raya.

“Kami minta pengaspalan jalan diteruskan sampai ke Bobolio raya,” ucap Nur Said saat menyambut kedatangan Bupati Konkep bersama rombongannya secara adat Wawonii (Kolungku) Selasa, 31 Juli 2019.

Menanggapi permintaan tokoh adat Wasel, Amrullah menjelaskan bahwa Pemda tidak punya maksud sedikitpun untuk menganaktirikan kecamatan Wansel khususnya Desa Bobolio. Akan tetapi ruas jalan Desa Wungkolo adalah status jalan provinsi.

Baca Juga:  Kepala Desa Tumburano Kembali Rebut Kursi Ketua APDESI Konkep

Akan tetapi lanjut Amrullah, ruas jalan dari pertigaan Langara-Batumea menuju Lampeapi sampai dengan Bobolio termasuk Wungkolo Kecamatan Wansel itu adalah status jalan provinsi bukan kabupaten.

“Jadi tidak bisa kita gunakan anggaran APBD kita, itu adalah kewenangan pihak provinsi termasuk biaya perbaikannya. Tetapi saya instruksikan juga apapun itu kita akan lakukan perbaiakan jika jalan itu rusak demi masyarakat disini,” kata politisi Demokrat itu.

Amrullah menjelaskan bahwa pihaknya sedang mengurus pengusulan ruas jalan dari Langara ibukota Konkep sampai Bobolio Wawonii selatan agar masuk status jalan nasional.

Baca Juga:  La Ode Ida Sebut IUP di Wawonii Cacat Saat Lahir

“Saya sudah usulkan jadi jalan nasional agar cepat mendapat perhatian khusus. Karena syarat usulan jalan nasional itu minimal empat kilo meter jalan yang sudah teraspal dan itu kita sudah penuhi,” terangnya.

Kunjungan kerja Bupati Konkep di Wangsel ini dalam rangka launcing Gerakan Jumat Bersih dan Penanaman Toga dan Pengukuhan Lembaga Adat serta Pengukuhan Mubalik di Balai Desa Bobolio, Kecamatan Wansel.(b)

Penulis: Nanang Sofyan
Editor: Kas

NEWS FEED