oleh

Tradisi Lisan UHO Lakukan Pelatihan Pengolahan Makanan Tradisional Kolope

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, KENDARI – Peringati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39, Jurusan Tradisi Lisan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UHO menggelar pelatihan pengolahan makanan tradisional ubu gadum (Kolope) di Desa Kampani Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sabtu 2 November 2019.

Kegiatan itu selain melibatkan mahasiswa, juga melibatkan dosen Jurusan Tradisi Lisan UHO serta perangkat desa dan masyarakat Desa Kampani.

Baca Juga:  Peringatan HPS Diprediksi Bakal Mendongkrak Pendapatan Pelaku Bisnis di Kendari

Ketua Jurusan (Kajur) Tradisi Lisan UHO, Rahmat Sewa Suraya mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu langkah efektif dalam mengembangkan makanan tradisional. Sehingga menjadi sumber pangan lokal dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional dan dunia.

“Pelatihan itu, disamping mengembangkan pemahaman mahasiswa terhadap makanan tradisional, juga untuk memperingati HPS ke 39 yang dipusatkan di Sultra,” kata Rahmat via WhatsAppnya.

Kepala Desa (Kades) Kampani, La Ode Rindo sangat mengapresiasi dan mensuport kegiatan pelatihan pengolahan makanan tradisional ubu gadum (Kolope) tersebut. Menurut dia, pelatihan itu menambah pemahaman masyarakat maupun mahasiswa dalam pengolahan makanan tradisional.

Baca Juga:  10 Kecamatan di Sultra Belum Tersentuh Layanan Telekomunikasi Seluler

“Saya mengapresiasi pelatihan pengolahan makanan tradisional yang dilakukan Jurusan Tradisi Lisan UHO. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari mulai 2-3 November 2019,” pungkasnya. (b)

Penulis: Bas

NEWS FEED