oleh

Waspada! Sudah 28 Kali Kebakaran Lahan di Wakatobi

Pesona Kota Kendari

PENASULTRA.COM, WAKATOBI – Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) ditetapkan berstatus siaga satu kebakaran. Masyarakat pun dihimbau untuk waspada.

Bagaimana tidak, sepanjang Agustus hingga pekan kedua September 2019, telah terjadi sebanyak 28 kali peristiwa kebakaran lahan ilalang di daerah ini, khususnya di Kecamatan Wangi-wangi yang ditaksir seluas ratusan hektar.

“Bagi masyarakat yang membakar lahan untuk berkebun, jangan di siang hari karena cuaca panas,” imbau La Ode Arisandi, Komandan Peleton (Danton) Sat Pol PP Damkar Kabupaten Wakatobi kepada media ini, Kamis 12 September 2019.

Baca Juga:  4 Hektare Padang Ilalang di Desa Komala Wangsel Terbakar

“Sebelum membakar, buat sekat agar api tidak menyebar. Dan memastikan apinya padam sebelum ditinggalkan,” sambung Arisandi.

Ia mengatakan, dari 28 titik kebakaran, beberapa kawasan diantaranya berpotensi mengancam pemukiman warga. Seperti di daerah Wandoka, Komala, dan Waha.

Baca Juga:  Video: Karhutla di Bombana Hanguskan Kebun Tebu PT. Jhonlin

“Untuk saat ini baru satu rumah di Kelurahan Wanci yang alami kebakaran,” sebutnya.

“Masyarakat segera menghubungi Damkar melalui call center Danton Damkar (0404) 21311 jika terjadi peristiwa kebakaran,” tutup Arisandi.(b)

Penulis: Deni La Ode Bono
Editor: Faisal

NEWS FEED