oleh

Berburu Kuliner di Kendari, Boiku Wajib Dicoba

PENASULTRA.COM, KENDARI – Bila berkunjung di Kota Kendari, terasa tidak lengkap bila belum mencicipi makanan khas Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Boiku.

Boiku adalah sebutan untuk keong sawah berukuran kecil dan berwarna hitam. Di Jawa lebih di kenal dengan sebutan tutut. Boiku bisa di masak dengan tumisan bumbu bawang merah, bawang putih dan kemiri yang sudah di haluskan, di tambah sediki air, daun salam, kunyit lengkuas, serai juga di beri daun bawang, garan dan gula.

Cara pengolahannya harus benar agar tak meninggalkan bau amis saat di santap dan tidak bau amis, dan bagian ujung yang lancip cangkang keong di pecahkan sedikit agar mengeluarkan lumpur.

Makanan khas Sultra ini bisa anda temukan di Rumah Makan Sanjaya Jl. Sorumba, Anaiwoi Kecamatan Kadia, Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra).

Rahman salah seorang pengunjung di Rumah Makan Sanjaya mengatakan, saat mencoba makanan khas Sultra yang satu ini, ia merasa sulit memakannya karena cara makannya yang sedikit berbeda.

“Mesti di sedot, mulut saya belepotan. Tapi lezat,saya ketagihan. Bumbunya enak dan apalagi kalau di cicipi dalam keadaan panas, meskipun cara makannya yang agak repot tapi saya menikmati makanan rasanya enak apalagi kalau di Cicipi dengan Sinonggi Lezat pasti akan ketagihan,” tutupnya.

Penulis: Clara Sinthia
Editor: Yeni Marinda

Baca Juga:  Di Kota Kendari Terdapat Baterai Mata Peninggalan Perang Dunia II

Baca Juga:  Berkunjung Ke Kendari, Nikmati Beragam Taman Bersama Keluarga

NEWS FEED