oleh

Pemkot Kendari Dorong Industri Pengolahan Pangan Lokal

PENASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari telah mengkukuhkan 22 orang pengurus Ikatan Pengrajin Produk Pangan Lokal (IP3L) di Ruangan Pola Kantor Walikota Kendari beberapa waktu lalu.

IP3L ini nantinya akan didorong untuk mengembangkan industri pengolahan pangan serta meningkatkan kesejahteraan pengrajin kaopi, yang menjadi bahan dasar pembuatan kasuami.

Sekretaris Kota (Sekkot) Kendari, Nahwa Umar menjelaskan, pengukuhan IP3L ini merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan dan memperbaiki mutu pangan lokal sehingga masyarakat semakin cinta terhadap pangan lokal.

Baca Juga:  Kendari Peringkat 17 sebagai Kota Tanggap Narkoba

“Untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap pangan lokal, diperlukan adanya inovasi, dari tampilan dibuat menarik dan menciptakan rasa kekinian sehingga harga dapat bersaing”, ungkap Nahwa Umar beberapa waktu lalu.

Nahwa menyebut, kaopi tidak hanya bisa diolah menjadi kasuami saja, akan tetapi bisa juga menjadi aneka makanan seperti kukis, muffin, cake, dan makanan kekinian lainnya.

Baca Juga:  Pelaku Usaha Hiburan di Kendari Bakal Ditutup Jika Tidak Taat Pajak

Ia juga mengatakan bahwa proses penjualannya dilakukan secara online dan offline, dengan melibatkan mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Univeritas Halu Oleo (UHO) yang sedang menjalankan praktik lapangan.

“Kami harapkan adalah berkembangnya industri pengelolaan pangan berbasis bahan baku lokal sebagai penggerak dalam pengembangan diversifikasi lapangan,” harapnya.(b)

Penulis: Husen
Editor: Ridho Achmed

NEWS FEED